Sunday 13 April 2014

Tips Sukses Menghadapi Ujian Nasional 2014

Buat kamu yang sekarang kelas XII SMA atau kelas 9 SMP, pasti lagi dag dig dug mau ujian nasional yah. Okey, kali ini, kita bakal ngasih kamu tips supaya bisa sukses Ujuan Nasional 2014.

1. FOKUS
Kalian yang bakal menghadapi ujian nasional 2014 haruslah fokus untuk mengikuti Ujian Nasional 2014, tidak usah kalian memfokuskan hal-hal lain yang bisa membuat kamu salah fokus untuk menomorduakan Ujian Nasional 2014.
Mulai sekarang kamu juga harus stop untuk agenda-agenda yang sekiranya tidak penting. Fokuslah untuk mengikuti Ujian Nasional 2014. Kamu ingin sukses ngerjain soal UN kan?
2. Jangan Remehkan Try Out
Biasanya siswa yang mau menghadapi Ujian Nasional sering meremehkan try out. Try Out itu tolak ukur kamu, seberapa bisakah atau pemahaman kamu dalam materi-materi UN.
Kamu pasti perlu tolak ukur, supaya kamu bisa mengevaluasi kekurangan kalian. Usahakan selalu mengerjakan soal-soal Try Out dengan baik, bayangkan saja Try Out sebagai simulasi UN 2014.
3. Porsi Tambahan
Nah, dari evaluasi hasil yang kamu dapet via Try Out tadi, berikan porsi tambahan untuk pelajaran-pelajaran yang kamu anggap lemah.  Mintalah bantuan ke guru pengajar, kakak-kakak kamu, guru les, atau tentor (jika kamu mengikuti les di lembaga).
4. Ikuti Beberapa Workshop Mengenai “Ujian Nasional”
Dengan mengikuti workshop mengenai Ujian Nasional kamu akan lebih mengerti Apa, Bagaimana, Kenapa, Kapan Ujian Nasional. Beberapa dari workshop itu juga sebagian memberitahumu tips-tips dalam mengerjakan Ujian Nasional. Ada juga Workshop yang bersifat ESQ yang akan membantu kalian dalam hal motivasi dan ketenangan hati.
5. Jaga Komunikasi Vertikal
Pasti ngerti kan dengan apa yang dimaksudkan “komunikasi vertikal”? Jadi kamu harus menjaga ibadah kamu ke yang maha kuasa. Rajinlah beribadah, bagi kamu yang muslim dijaga sholatnya ( sehari 5 waktu). Lalu kalau bisa puasa shunnah (senin-kamis), shalat dhuha, shalat tahajud ,baca AL-QURAN setiap hari sehabis shalat maghrib atau sebelum subuh , dan yang terakhir sering-seringlah bersedekah.
6. Jaga Komunikasi Horizontal
Selain kalian menjaga komunikasi vertikal, kamu juga harus menjaga komunikasi horizontal. Maksudnya adalah berbuat baiklah kamu ke sesama teman, tetangga, keluarga, orangtua, kalau kalian punya salah langsunglah meminta maaf dan minta doa restu untuk kelancaran Ujian Nasional yang bakal kalian hadapi.
7. Jaga Kesehatan
Jangan sampai kesehatan kamu terganggu, apalagi saat-saat mendekati waktu pelaksanaan Ujian Nasional, itu masalah luar biasa karena bisa merusak konsentrasi dan fokus untuk menghadapi Ujian Nasional. Usahakan, makan yang teratur dan jaga kondisi dengan berolahraga minimal 3x dalam seminggu.
8. Mintalah Doa Orangtua, Guru, dan Paling Penting Doa Ibu
Ini juga yang sangat penting dalam menghadapi Ujian Nasional yakni doa dari orang-orang yang sangat dekat dengan kita yakni kedua orangtua, dan orang yang memberikan ilmu yakni Guru.
9. Jangan Nervous
Kebiasaan murid-murid ketika h-7 sampai pelaksanaan hari H perasaan nervous banget, tapi itu jangan sampai terjadi, karena bakal merusak konsentrasi sehingga kamu bisa blank dan nggak bisa mengingat materi yang kalian pelajari selama ini. Usahakan tetap tenang, atur pola nafas sehingga kalian bisa konsentrasi penuh mengerjakan soal Ujian Nasional.
10. Percaya Diri
Percaya pada diri sendiri, jangan percaya dengan hasutan-hasutan yang ada di lingkungan sekitar. Kalau kamu sudah menguasai materi, ngapain kamu harus tidak percaya diri. Beberapa orang yang dalam proses KBM nilainya bagus, namun saat Ujian Nasional tidak Percaya Diri, hasilnya pun Jeblok.
Oke, itulah sedikit tips-tips bagaimana tips sukses menghadapi Ujian Nasional 2014. :)

1 comment: